Rabu, 30 November 2011

Colosseum

Peninggalan sejarah berbentuk lingkaran raksasa yang terletak di kawasan bersejarah Kota Roma. Dibangun sekitar 2000 tahun yang lalu oleh masyarakat Romawi kuno. Tingginya mencapai 50 meter dan kelilingnya mencapai 500 meter lebih. Di tengah-tengahnya terdapat lapangan luas yang disekelilingnya terdapat tempat duduk penonton yang seperti tangga bertingkat.

Meskipun saat ini di bagian atas bangunan di sisi selatan telah hancur, tapi di sisi dalamnya benar-benar terlihat seperti mangkuk, dan ternyata pembangunan gedung pertunjukan sebesar ini hanya diselesaikan dalam waktu 5 tahun. Fondasinya terbuat dari beton menunjukkan bahwa gedung ini menggunakan teknik pembangunan yang sudah melampaui teknik yang biasa digunakan di masanya.

Gedung pertunjukan sebesar ini hamper sama dengan lapangan baseball, stadion sepak bola, dan gedung konser yang ada saat ini. Gedung ini dibuat sebagai ‘tempat bertarung’ oleh masyarakat Romawi Kuno. Di Colosseum inilah dulunya masyarakat Romawi mendapat hiburan dengan pertarungan yang diadakan oleh Kaisar dan para petinggi lainnya.

Tempat duduk bagi penonton ini dapat menampung 50.000 orang. Pertarungan di Colosseum tidak hanya antar manusia, tetapi juga binatang buas(Singa, beruang dan banteng). Petarung bertarung menggunakan pedang atau tombak, dan juga membawa perisai. Pertarungan tidak akan dihentikan sampai salah satunya tewas.

Untuk membuat pertarungan lebih menarik, ada juga petarung yang menggunakan kostum-kostum unik seperti mengenakan pakaian dengan hiasan ikan dan membawa jala sheingga terlihat seperti seorang nelayan. Kebanyakan dari para petarung ini adalah seorang tahanan atau budak yang sudah dilatih sebelumnya, tapi tetap saja banyak yang harus mengakhiri hidupnya dalam pertarungan ini.

Di dinding bagian luarnya terdiri dari tiang-tiang berbagai macam bentuk dan patung dewa, dan pahlawan Roma. Pada langit-langitnya, dipasang tirai dan sutra penghalang cahaya Matahari. Di Colosseum terdapat ruang bawah tanah yang luas berbentuk seperti labirin yang tidak dapat dilihat langsung oleh penonton. Selain digunakan sebagai ruang tunggu para petarung, ternyata ruang bawah tanah ini juga terdapat kandang binatang buas untuk menunggu sebelum pertarungan dimulai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar