Rabu, 30 November 2011

Grand Canyon

Grand Canyon terletak di sebelah barat laut Negara bagian Arizona, Amerika Serikat ini adalah lembah yang sangat luas. Luas seluruh areanya mencapai 4.932km2 . Luas ini bahkan dua kali lipat lebih dari koya Tokyo yang luasnya 2.100 km2 . Di Grand Canyon, jurang tinggi berwarna kecoklatan dengan lapisan tanah bergaris-garis bagaikan menggali sampai ke dasar lembah.

 Lembah di kawasan ini sangat dalam bahkan sampai 1700 meter. Sedangkan jarak antara pinggir tebing yang satu dengan yang lain mencapai 6-29km. Meskipun kawasan ini terdapat banyak gunung dan lembah, sebenarnya dulu hanyalah berupa dataran tinggi. Sungai Colorado yang mengalir di dataran tinggi ini mengikis tanah dalam waktu yang sangat lama, sehingga terbentuklah topografi seperti yang ada saat ini.
Dataran yang sangat luas ini diresmikan sebagai Taman Nasional Amerika pada tahun 1919. Sekarang ini, banyak wisatawan dari berbagai pelosok dunia yang berdatangan untuk melihat langsung pemandangan Grand Canyon yang menakjubkan. 

Sekitar ratusan juta tahun yang lalu, banyak lapisan tanah yang meninggi karena adanya dorongan yang sangat kuat dari dalam bumi. Hal itu disebut perubahan lapisan bumi. Lapisan tanah di dekat Grand Canyon pun mengalami hal yang sama. Dataran tinggi yang kemudian dilewati oleh aliran Sungai Colorado akhirnya membentuk lembah-lembah tinggi. 

Sungai Colorado sering kali mengalami banjir dan mengikis lapisan tanah. Dan dalam waktu yang sangat lama, terbentuklah lembah-lembah yang sangat dalam. Dalam satu hari, Sungai Colorado dapat mengikis 500 ribu, bahkan 50 juta ton tanah saat terjadi banjir. Karena itu, saat ini bendungan air Grand Canyon digunakan sebagai penahan banjir. 

Di lapisan tanah pada lembah Grand Canyon banyak ditemukan fosil-fosil makhluk hidup. Lapisan paling bawah yang merupakan lapisan tertua telah berusia lebih dari 2 miliar tahun. Semakin ke atas, menunjukkan lapisan tanah yang lebih muda dibanding lapisan dibawahnya. Di lapisan bawah lembah yang usianya lebih dari 500 juta tahun, telah ditemukan fosil binatang laut yang disebut ‘trilobite’. Di lapisan tanah yang berusia lebih dari 300 jtua tahun, ditemukan fosil tumbuhan dan coral laut. Di lapisan tanah berusia 200 juta tahun, ditemukan fosil tumbuhan paku. Selain itu, juga ditemukan fosil nenek moyang berbagai jenis ikan dan reptile. 

Perbedaan suhu dan kelembaban antara dasar lembah dan di puncaknya pun cukup ekstrim. Oleh karena itu, banyak jenis binatang dan tumbuhan yang hidup di tempat ini. Di bagian puncak, terdapat rusa, tupai, dan puma. Di bagian tengah lembah didiami oleh rubah, sigung, dan landak. Di bagian bawah lembah yang iklimnya hamper sama dengan suhu di padang pasir, banyak didiami ular berbisa dan kadal.
Uniknya, tupai di kedua tepi lembah memiliki warna yang berbeda. Pada satu tepi lembah memiliki warna abu-abu, sedangkan pada sisi lembah lainnya, tupai memiliki warna hitam atau putih. Meskipun berasal dari jenis yang sama, ternyata mereka berevolusi menyesuaikan lingkungan tempat hidupnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar