Rabu, 30 November 2011

Sagrada Familia

Menara-menara tinggi menjulang ke langit dan berbentuk seperti jagung menjadi khas dari Gereja Sagrada Familia di Barcelona, Spanyol. Gereja ini dirancang oleh Anthoni Gaudi. Meskipun telah berdiri lebih dari 100 tahun, pembangunan gereja ini masih belum selesai. Menara dengan ketinggian mencapai 100 meter ini digunakan sebagai menara lonceng, dan dipuncaknya dihiasi oleh mozaik-mozaik yang indah. 

Sebenarnya pembangunan ini belum selesai meskipun dibangun lebih dari 100 tahun yang lalu, dan sampai saat ini pun masih dalam proses pembangunan. Diperkirakan akan selesai dalam kurun waktu 100 atau bahkan 200 tahun lagi. Meskipun masih dalam tahap pembangunan, tapi telah banyak orang-orang yang dating dari berbagai pelosok dunia. 

Antoni Gaudi berhasil mengekspresikan ide-idenya hingga selesailah rancangan gereja yang cukup rumit ini tanpa masukan dari orang lain. Sagrada Familia dirancang Gaudi penuh dengan hiasan dan ukiran. Karena itulah, membutuhkan waktu yang sangat lama untuk menyelesaikan pembangunannya. 
 
Sagrada Familia memiliki 3 buah gerbang yang masing-masing gerbang dihiasi dengan ukiran yang menggambarkan kehidupan Kristus. Gerbang yang berada di timur disebut ‘Gerbang Kelahiran’. Gerbang ini dihiasi dengan ukiran yang menceritakan kelahiran Kristus. Gerbang Barat dikenal dengan ‘Gerbang Penderitaan’ yang melukiskan kala Kristus mengadakan perjamuan terakhir dan malam dimana Dia bersama para murid-Nya sebelum Dia diserahkan untuk di hukum mati. Kemudian, gerbang yang lebih besar yang ada di selatan disebut ‘Gerbang Kemuliaan’. Meskipun belum selesai dibangun, namun gerbang inilah yang direncanakan akan menjadi gerbang utama.

Rencananya, akan terdapat 18 menara di gereja ini, dan menara tertinggi konon akan mencapai ketinggian 170 meter. Nama Resmi dari bangunan ini adalah ‘Gereja Penebusan Dosa Sagrada Familia’. ‘Sagrada Familia’ berarti ‘Keluarga Kudus’. Artinya, orang kaya ataupun miskin memiliki kedudukan yang sama di hadapan Tuhan. Biaya pembangunan Gereja ini pun seluruhnya diperoleh dari sumbangan para donatur.
Sagrada Familia mulai dibangun pada tahun 1882. Sebenarnya, awalnya gereja ini akan dirancang oleh arsitek yang lain. Kemudian, Gaudi pun bergabung menggantikan arsitek yang sebelumnya dan mengubah semua rancangan yang ada. 

Sebagai seorang penganut Katolik yang taat, Gaudi mengerahkan seluruh kemampuannya untuk mengerjakan gereja ini. Kemudian, dia pun meninggal dunia di usianya yang ke-73 pada tahun 1926, namun semangatnya untuk menyelesaikan pembangunan ini masih tersisa.  Gaudi telah menyelesaikan seluruh rancangan gereja ini. Karena itu, meskipun ia telah tiada, pembangunan gereja ini dapat terus dilakukan dengan rancangan dan pemikirannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar