Sabtu, 10 Desember 2011

Gua Mammoth


Di pusat kota Kentucky (Amerika Serikat), terdapat taman nasional yang didalamnya terdapat sebuah Gua Raksasa, yaitu ‘Gua Mammoth’ (Mammoth Cave). Gua Mammoth ini merupakan system dari gua terpanjang di dunia yang nama resmi adalah ’Mammoth-Flint Ridge Cave’.  Gua ini terbentuk dari air tanah yang melarutkan batuan gamping dengan tingkat asam yang tinggi, sehingga menimbulkan topografi.

Taman Nasional Gua Mammoth ini sebenarnya adalah sistem sungai bawah tanah dan gua-gua di tanah tinggi yang terletak di pusat kota Kentucky. Disinilah banyak spesies tanaman dan hewan langka yang dapat dijumpai oleh para wisatawan. Gua ini berupa ruang bawah tanah yang terletak di tanah kapur dan memiliki panjang sekitar 560 km. Taman Nasional Gua Mammoth ini dibagi menjadi beberapa area untuk dijelajahi, tetapi ada juga daerah yang tidak dapat dijelajahi pengunjung.

Penjelajahan  terpendek hanya berlangsung selama satu jam, sementara beberapa penjelajahan dapat membutuhkan waktu hingga enam jam. 'The Wild Mammoth Cave Tour' adalah perjalanan yang terpanjang, dapat menghabiskan waktu lebih dari enam jam. Untuk mereka yang bisa bertahan berjalan beberapa mil, maka mereka disebut penjelajahan terbaik jika mereka dapat melampau jarak lebih dari lima mil.

untuk menjelajahi Gua Mammoth, perlu perlengkapan pakaian seperti sepatu yang nyaman dan pakaian yang berlapis-lapis. Ketika sampai ke area yang lebih jauh ke dalam gua, udaranya menjadi lebih dingin. Meskipun penjelajahan ke Gua Mammoth selalu disertai pepandu, tetapi pastikan untuk bertanggung jawab akan keselamatan diri sendiri dan jangan pergi-pergi ke tempat lain sendiri, karena ada banyak tangga yang licin dan ruang yang sempit, yang dapat menyebabkan cedera jika tidak hati-hati. Ada banyak hal yang tidak diperkenankan pada wisata gua ini, termasuk kereta bayi, orang yang berjalan dengan menggunakan tongkat atau tripod.
Pembentukan Gua Mammoth sama dengan pembentukan gua yang lainnya. Ukuran Gua Mammoth ini akan terus berkembang selama air tanah asam melarutkan batuan disekitarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar