Selasa, 06 Desember 2011

Air Terjun Victoria

Air Terjun Victoria merupakan sebuah air terjun yang terletak di selatan Afrika pada Sungai Zambezi antara negara-negara Zambia dan Zimbabwe . Air terjun ini memiliki ketinggian 108 meter (360 kaki) dan lebar 1.708 meter ( 5.604 kaki). Air Terjun Victoria merupakan air terjun terbesar di dunia. 

Seorang penjelajah Skotlandia, Dr. David Livingstone menjelajah air terjun ini pada tahun 1855 dan memberinya nama 'Air Terjun Victoria' yang diambil dari nama 'Ratu Victoria'. Penduduk setempat menyebut air terjun ini dengan nama 'Mosi-oa-Tunya' yang berarti 'Asap yang menggelegar'. Air terjun ini disebut 'Asap yang menggelegar' karena air terjun ini menjatuhkan air yang begitu deras sehingga menimbulkan bunyi yang menggelegar dan percikan airnya tampak seperti asap putih. 
 

Air terjun ini merupakan bagian dari dua taman nasional, Taman Nasional 'Mosi-oa-Tunya' di Zambia dan Taman Nasional 'Air Terjun Victoria' di Zimbabwe. Setiap Negara berkewajiban menjaga kelestarian lingkungan di sekitar air terjun ini. Air terjun ini menjadi Objek wisata utama di Afrika. Baik di Zambia maupun Zimbabwe. Area di lokasi sekitar air terjun ini memiliki berbagai jenis fauna, seperti beraneka ragam fauna Afrika terutama jenis burung disekitar air terjun Victoria, dan berbagai jenis ikan khas sungai Zambezi.

Di bibir air terjun ini, terdapat kolam renang setan (Devil's Swimming Pool) yang merupakan kolam renang paling berbahaya di dunia. Saat Musim Hujan, air menjadi sangat tinggi, dan juga alirannya semakin deras. Sedangkan di Musim kemarau, air disini agak surut. Saat inilah kolam renang digunakan untuk berenang. Sehingga pengunjung bisa melongok ke dasar jurang atau berdiri di pinggir kolam untuk berfoto.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar