Sabtu, 03 Desember 2011

Gua Ajanta

Gua Ajanta (Ajanta Caves) Merupakan gua yang sangat unik dari India. Gua ini seperti Kuil batu yang dibangun di dataran tinggi India dan digunakan sebagai kuil agama Buddha. Di dalam kuil ini banyak terdapat lukisan dinding yang indah, sehingga kuil pun terlihat seperti sebuah museum. Ketika para Buddhis mulai menghilang, gua-gua ini ditinggalkan. Bertahun-tahun kemudian, Gua ini tanpa sengaja ditemukan oleh pasukan inggris yang sedang berburu harimau. Gua ini sebagai simbol dan kesaksian sejarah agama Buddha


Gua ini dapat dijangkau kurang dari dua jam dari kota kuno Aurangabad India. Gua ini menjadi salah satu obyek pariwisata India. Gua Ajanta memiliki struktur arsitektonis yang disusun oleh tiga puluh dua grottos memotong di perbukitan yang dikerjakan hanya dengan pahat dan palu.

Di Gua Ajanta, kita dapat belajar mengenai beberapa aspek kehidupan kuno di India. Dalam dinding-dinding gua, kita dapat melihat sekelompok ukiran indah, potongan granit, yang menunjukkan pintu masuk ke candi Budha Chaityas dan ke vihara ataupun tempat tinggal.
Lukisan-lukisan yang menghiasi hampir semua dinding sungguh berkesan dan menyentuh kita. Lukisan ini berada dekat dengan tempat-tempat suci Buddha. Lukisan ini merupakan lukisan sederhana, menggambarkan kisah populer kehidupan terakhir sang Buddha. Keindahan ini terlihat dalam realisme dari ekspresi dan emosi yang tergambar di wajah lukisan dan sulit dijelaskan bagaimana seniman dengan hanya menggunakan alat belum sempurna, dapat menggambarkan perspektif dan kedalaman dalam karya mereka.
Meski bentuknya menyerupai gua, namun bangunan besar yang memiliki banyak gambar lukisan dan pahatan Budha ini sebenarnya adalah candi. Pesona lain dari gua ini adalah ukiran batu berbentuk manusia serta pilar-pilarnya yang berukuran sangat besar, menyerupai pilar istana.

Gua yang terletak di daerah Ajintha bukanlah gua yang terbentuk dari secara alami, melainkan buatan manusia yang dibuat dari batu granit diperbukitan. Gua ini dibangun sebagai simbol dan kesaksian peradaban dunia di abad kedua sebelum masehi. Diyakini pula gua ini dibangun karena pengaruh ajaran Budha Cina yang dibawa oleh para biksu dari Dalai Lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar