Jumat, 09 Desember 2011

Karang Belize

Karang Penghalang Belize merupakan kumpulan karang ataupun koral hidup yang terbesar di dunia, sekaligus  merupakan yang terpanjang di Belahan Bumi Barat. Panjang karang ini bisa mencapai 300 kilometer.Karang Belize ini perlu dilindungi karena disinilah tempat tinggal seperempat flora dan fauna laut di bumi. 


Sebenarnya, dalam hal keanekaragaman hayati, ekosistem terumbu karang menempati urutan kedua setelah hutan hujan tropis. Menurut para ilmuwan, bahwa 70 % dari semua koral di bumi ini akan musnah dalam kurun waktu 20 hingga 40 tahun mendatang. Hal ini disebabkan karena manusia merusak ekosistem laut seperti penangkapan ikan dengan menggunakan racun.


Ada 70 spesies koral keras, 36 spesies koral lunak, dan 500 spesies ikan yang telah diidentifikasi di Sistem Cagar Karang Penghalang Belize. Tempat ini merupakan habitat bagi binatang laut yang terancam punah, seperti penyu Bromo, penyu hijau, dan penyu paruh gagak, serta manati dan buaya Amerika.


Mungkin ancaman terbesar bagi sistem karang Belize adalah pemutihan koral, dimana koral-koral yang berwarna-warni menjadi putih pucat. Salah satu penyebabnya adalah karena efek dari Sinar Ultraviolet yang kuat. Selain itu, Suhu laut yang tinggi juga mempengaruhi pemutihan koral.


Di daerah laut Karang Belize memiliki suhu sekitar 26 derajat celcius, dan merupakan tempat wisata yang bagus untuk penyelam snorkel. Namun, masih ada 90 persen dari karang itu yang harus dijelajahi. Karang itu hanya beberapa ratus meter dari San Pedro di Pulau Ambergris dan lebih mudah dijangkau dari sana. Enam kilometer di sebelah tenggara San Pedro terdapat Cagar Laut Hol Chan, sebuah taman laut yang dangkal seluas delapan kilometer persegi berbentuk terowongan karang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar