Kamis, 01 Desember 2011

Patung Liberty



Patung Liberty merupakan patung berukuran besar yang melambangkan pelindung kemerdekaan. Bukan hanya bagi negara Amerika, tapi juga melambangkan kemerdekaan di seluruh dunia. Patung Liberty ini memegang obor dengan tangan kanannya yang diarahkan ke langit dan buku deklarasi kemerdekaan di tangan kirinya. Di bawah kakinya, terdapat sebuah rantai, dan kaki kirinya menginjak rantai tersebut hingga hancur. Patung ini memiliki makna kebebasan dari sistem pemerintahan yang kejam dan semena-mena. 

Patung yang selesai dibangun pada tahun 1886 ini merupakan pemberian dari negara Perancis sebagai peringatan 100 tahun kemerdekaan Amerika. Alas patung ini memiliki ketinggian 47 meter, sedangkan tinggi patungnya sendiri adalah 46 meter. Jika digabungkan, tinggi keseluruhannya mencapai 93 meter. Selain itu, berat bagian patungnya saja mencapai 225 ton, lho! Patung berukuran besar ini berada di sebuah pulau bernama Pulau Liberty di teluk NEw York. 

Di bagian dalam patung ini terdapat ruangan yang sangat luas dan rapat dimasuki oleh para pengunjung. Dari bangunan alasnya terdapat elevator menuju ke atas sampai tepat ke bagian kaki patung ini. Jika ingin mencapai bagian puncak patung, pengunjung harus melakukan perjalanan dengan menaiki tangga spiral yang memiliki 354 anak tangga. Selangkah demi selangkah menaiki anak tangga tersebut, kita akan sampai pada bagian mahkota patung. Bagian kepalanya cukup luas dan dapat menampung hingga 30 orang pengunjung. Jika berada di ruangan tersebut, kita dapat melihat pemandangan kota New York. 

Pembuatan Patung Liberty ini direncanakan oleh seorang sejarawan yang juga seorang politikus Perancis bernama Laboulaye. Yang merancang patung ini adalah seorang insinyur bernama Eiffel yang juga merancang Menara Eiffel di Perancis. Kemudian yang membuat patungnya adalah seorang pemahat bernama Bartholdi. Awalnya, patung ini dibuat dengan bentuk kecil ukuran 1,25 meter, kemudian dibuat dengan ukuran 2,85 meter, lalu 11 meter, dan dibuat semakin besar lagi. Setelah berhasil membuatnya, patung dibagi menjadi beberapa bagian kecil yang kemudian disatukan menjadi seperti sekarang ini.

Patung ini berhasil diselesaikan pada tahun 1884 dan setelah dipamerkan di kota Paris, Perancis, patung ini dibagi menjadi beberapa bagian kecil, lalu dibawa ke New York dengan menggunakan kapal. Meskipun sudah jauh-jauh membawa patung ini, tapi ternyata ada masalah yang terjadi saat patung ini tiba di Amerika, yaitu alas patung belum diselesaikan karena kekurangan dana. Kemudian dilakukanlah Aksi pengumpulan dana melalui surat kabar.

Pada bangunan yang menjadi alas Patung ini terdapat 'Museum Patung Liberty'. Di dalamnya dipamerkan data-data yang menjelaskan proses pembangunan, konstruksi, dan sejarah patung tersebut. Wajah Patung diilhami dari wajah ibu sang pemahat, Bartholdi, sedangkan bagian lengannya diinspirasi dari sang istri. 7 duri yang terdapat pada bagian mahkotanya melambangkan 7 benua dan 7 samudera. Simbol ini memiliki artib ahwa kemerdekaan haruslah disebarluaskan ke seluruh dunia. Sedangkan obornya melambangkan pesan untuk kemerdekaan dan pencerahan.


2 komentar: