Minggu, 20 November 2011

Tembok Raksasa Cina

Tembok Raksasa Cina merupakan Tembok terpanjang dan terbesar dalam sejarah manusia. Karya besar ini telah berusia lebih dari 2000 tahun. Tembok Raksasa ini panjangnya mencapai 6000km sekaligus merupakan benteng bersejarah yang luar biasa. Tembok ini tidak hanya dibangun di atas tanah datar, tapi terus dibangun bersambungan hingga ke gunung-gunung curam maupun dataran yang landai.

Meskipun sebuah tembok, sebenarnya bangunan ini digunakan sebagai benteng pertahanan, pengawasan dan tempat memberikan sandi obor. Tembok raksasa ini terbentang dari timur ke barat dengan dikelilingi oleh barisan pegunungan dan lembah-lembah. Di sebelah timur tembok dibatasi oleh Laut Shanhaiguan dan disebelah baratnya terdapat daerah Gurun pasir Jiayuguan. Benteng ini terus dibangun hingga ke laut untuk berlindung dari serangan musuh yang datang dari laut.

Tembok Raksasa Cina dibangun dengan mengerahkan seluruh rakyat dan prajurit di Seantero negri Cina. Pada bagian puncak benteng, terdapat tempat pengawasan dan peralatan untuk membuat obor peringatan, sedangkan di dalam benteng terdapat markas prajurit maupun jalan kecil. Ada yang mengatakan bahwa bangunan ini adalah satu-satunya bangunan yang dapat dilihat dari bulan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar